Home » , » INDONESIAN THE EXPLORER

INDONESIAN THE EXPLORER



1.      LATAR BELAKANG

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia juga merupakan negara dengan latar belakang budaya tradisional yang sangat kuat dan majemuk. Masing-masing wilayah mempunyai bermacam adat dan seni budaya yang berbeda-beda
            ­Ragam kesenian budaya Indonesia sangat kental dengan unsur kedaerahan. Hal ini disebabkan bahwa hampir seluruh provinsi di Indonesia memiliki keseniannya  masing-masing. Kesenian daerah menjadi identitas dan kebanggaan suatu daerah tertentu karena dianggap memiliki nilai-nilai kehidupan yang menjadi cerminan hidup suatu daerah sebagai hasil dari peradaban.
            Mengingat banyaknya ragam kesenian budaya Indonesia. Tidak sedikit budaya Indonesia yang diakui oleh negara lain. Contohnya seperti, lagu injit-injit semut dari Jambi oleh pemerintah Malaysia, alat musik gamelan dari Jawa oleh pemerintah Malaysia, Tari kuda lumping dari Jawa Timur oleh pemerintah Malaysia dan masih bnyak lagi budaya Indonesia yang diakui oleh negara lain. Hal tersebut merupakan bukti nyata bahwa tidak sedikit budaya Indonesia yang telah diakui oleh negara lain akibat kurangnya kepedulian masyarakat .
            Dengan menyaksikan permasalahan di atas, masyarakat Indonesia seharusnya peduli terhadap budaya sendiri. Oleh karena itu pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia dan membangkitkan semangat masyarakat untuk mencintai budaya Indonesia.





2.      ANALISA DATA
Tahap analisis data dilakukan dengan menggunakan model sistem dari alur Unifed Modeling Language (UML). UML memiliki berbagai jenis diagram (model) seperti, Use Case Diagram, Class Diagram, dan Activity Diagram. Pada pembentukan model situs web ini akan menggunakan salah satu UML yaitu Use Case Diagram. Berikut ini adalah diagram dari pembuatan aplikasi.

 Gambar2.1 Use Case Diagram



3.      ANALISA BAHASA PEMROGRAMAN
3.1. Bahasa Pemrograman Android
Bahasa pemrograman android merupakan bahasa pemrograman yang di butuhkan dalam pembuatan aplikasi ini. Karena mengingat sangat banyaknya perangkat berbasis android saat ini karena dikenal dengan open source dan mudahnya masyarakat menggunakan perangkat ini. Maka android dipilih  untuk melakukan pengembangan aplikasi ini.


      4.      ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
4.1. Eclipse
Eclipse adalah sebuah IDE (Integreted Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). Berikut ini adalah sifat dari Eclipse :
·         Multi-platform : Target sistem operasi adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X.
·         Multi-language: Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya.
·         Multi-role: Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya.
Eclipse pada saat ini merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open source, yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in.
4.2.ADT
ADT (Android Developer Tools) adalah sebuah plug-in untuk Eclipse  yang menyediakan berbagai macam alat yang dipadukan dengan IDE Eclipse. ADT memberikan banyak akses untuk membantu mengembangkan aplikasi android dengan cepat.
4.3.GIMP
GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP. GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster  GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public Licensi. GIMP pada awalnya dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan pada platform unix. Namun pada saat ini piranti lunak ini sudah di porting pada ke beberapa platform sistem operasi yang lain yaitu Ms. Windows dan Mac OS.


      5.    PERANCANGAN INTERFACE
 
         Pada tahap ini, situs web dirancang kedalam bentuk visual dengan antarmuka menggunakan bahasa pemrograman android Disamping itu, desain aplikasi juga dirancang dengan menggunakan aplikasi GIMP.
 

 
Share this article :

Post a Comment

 
Contact : Facebook | Twitter | PIN : 218714E3 | LINE : mochamadramdhanie
Copyright © 2011. DHANIE ZONE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Dhanie
Proudly powered by Blogger